Oleh: mgmpekon | 24 September 2011

Pasar

Pasar (market) adalah tempat pembeli dan penjual bertemu untuk membeli atau menjual sumberdaya, barang dan jasa. Pada waktu silam, pasar diartikan sebagai lokasi geografis, tetapi jelas bahwa pada waktu sekarang ini pasar tidak mempunyai batas-batas geografis, karena komunikasi modern memungkinkan pembeli dan penjual “bertemu” tanpa pernah melihat wajah yang satu dengan yang lain (Richard Billas, 1988 : 5)

Pengertian pasar yang benar bukanlah menunjuk pada tempat saja, melainkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar pada dasarnya merupakan hasil dinamika hubungan antara permintaan dan penawaran. Dinamika itu berwujud interaksi (hubungan timbal balik) antara taksiran harga penjual dan pembeli. Adanya interaksi antara taksiran harga penjual dan pembeli inilah yang selanjutnya akan membentuk harga yang kita sebut harga pasar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: